Kamis, 17 April 2014

Pantai Balekambang : Tanah Lot-nya Jawa Timur

Pantai Balekambang merupakan salah satu tempat wisata yang sudah cukup terkenal khususnya bagi masyarakat Jawa Timur. Kenapa artikel ini saya beri judul Pantai Balekambang : Tanah Lot-nya Jawa Timur ? karena Pantai ini memiliki kesamaan dengan Tanah Lot yang ada di Bali sebab di pantai ini juga terdapat pura sebagai tempat ibadah bagi umat hindu namun menurut saya Pantai Balekambang ini lebih indah karena pasir putihnya, sedangkan di tanah lot tidak terdapat pasir seperti pantai pada umumnya tetapi hanya terdapat batu-batu besar di pinggir pantai, perbedaan lain adalah pada Balekambang terdapat jembatan yang memudahkan akses ke pura dan siapa saja boleh masuk ke pura asalkan tidak mengotori area pura dan bagi wanita yang sedang haid dilarang masuk ke dalam pura. Hal lain yang membedakan Balekambang dan Tanah Lot adalah jika di Tanah Lot kita bisa menikmati indahnya matahari terbenam, namun di Balekambang kita tidak dapat menikmati matahari terbit maupun matahari terbenam karena letaknya yang mengarah ke selatan.
Pantai Balekambang
Pantai Balekambang
Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan jika pengunjung tidak hati-hati atau melewati batas aman yang telah ditetapkan maka pengunjung bisa saja terseret ombak hingga ke tengah laut, namun sudah terdapat tim SAR yang selalu berjaga dan siap menolong bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pantai ini juga terdapat banyak batu karang tajam yang letaknya tidak jauh dari bibir pantai, sehingga sebaiknya berhati-hati ketika sedang berenang karena batu karang tersebut dapat membahayakan pengunjung. 

#1 Pantai Balekambang : Letak 

Pantai Balekambang terletak sekitar 45 km dari Kepanjen dan sekitar 60 km sebelah selatan Kota Malang. Pantai ini bersebelahan dengan beberapa pantai lain diantaranya Pantai Sendang Biru, Pantai Ngliyep, Pantai Bajulmati, Pantai Wonogoro, dll. Pantai ini tepatnya terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

#2 Pantai Balekambang : Akses

Akses ke pantai ini sudah cukup memadai dengan banyaknya papan penunjuk jalan menuju Balekambang bahkan dari Kepanjen pun sudah dapat ditemukan penunjuk jalan menuju Balekambang. Jalur menuju Balekambang dapat ditempuh melalui Kota Malang ke selatan menuju Pakisaji, lurus terus ke arah Kepanjen lalu di perempatan Kepanjen belok ke kiri, setelah rel kereta ada lampu merah belok ke kanan, lurus terus lalu ada perempatan belok kiri menuju Stadion Kanjuruhan, lurus terus menuju Gondang legi, belok ke kanan menuju Pagelaran, ikuti papan penunjuk jalan menuju kecamatan bantur, setelah jembatan kali wonokerto belok ke kiri, lurus terus menuju pasar Wonokerto, setelah itu ada pertigaan belok ke kiri, setelah itu belok kanan, akan ada papan penunjuk jalan menuju balekambang lalu belok ke kiri, setelah itu lurus terus, bila ada papan penunjuk menuju balekambang ikuti arah tersebut sampai ke gerbang masuk Balekambang.

#3 Pantai Balekambang : Fasilitas

Fasilitas di Pantai Balekambang ini sudah cukup lengkap namun masih kurang, fasilitas yang ada diantaranya :
  1. Penginapan
  2. Toilet umum
  3. Kios-kios makanan atau oleh-oleh
  4. Pendopo
  5. Area Flying Fox
  6. Musholla
  7. Area Parkir
  8. dll

#4 Pantai Balekambang : Keunggulan

Keunggulan dari pantai ini jika dibandingkan dengan pantai lain adalah karena keberadaan pura yang berada di Pulau Ismoyo, pura ini masih sering digunakan oleh para penganut agama hindu untuk beribadah, selain pulau Ismoyo ternyata terdapat dua pulau lainnya yaitu Pulau Anoman, dan Pulau Wisanggeni. Namun bukan hanya itu saja yang menjadi daya tarik pantai ini, masih ada pasir putihnya yang membuat mata serasa dimanjakan dengan pemandangan tersebut, lalu deburan ombaknya pun menjadi salah satu daya tarik dari pantai ini walaupun tidak dapat dimanfaatkan untuk surfing karena banyaknya batu karang di sekitar pantai tetapi dengan bermain-main di tepi pantai pun sudah cukup untuk menenangkan pikiran sejenak.

#5 Pantai Balekambang : Kekurangan

Namun di balik indahnya panorama pantai ini, ternyata masih terdapat beberapa kekurangan yang dapat membuat daya tarik pantai ini menjadi berkurang sehingga menyebabkan minat pengunjung untuk kembali ke pantai ini menjadi berkurang. Beberapa kekurangan tersebut antara lain karena kebersihan di pantai ini masih kurang terjaga dengan baik, ini terjadi karena jumlah tempat sampah yang disediakan masih belum mencukupi dan hanya terdapat di beberapa tempat saja. Lalu jalan yang dapat diakses menuju pantai ini masih banyak yang rusak dan perlu diperbaiki untuk mencegah terjadinya kecelakaan, dan yang paling penting adalah karena di daerah ini masih sangat minim SPBU sehingga sebaiknya pastikan dulu pasokan bahan bakar anda cukup untuk mencegah kendaraan anda kehabisan bahan bakar dalam perjalanan karena SPBU terdekat ada di daerah Bantur yang berjarak sekitar 10 km dari pantai. 

Sekian artikel saya tentang Pantai Balekambang : Tanah Lot-nya Jawa Timur, semoga dapat menambah pengetahuan anda tentang salah satu wisata favorit di Pulau Jawa tersebut.

Have a Nice Day

Tidak ada komentar:

Posting Komentar